20 TO DO LIST IN HONG KONG PART 1

Tempat berlibur yang satu ini tidak akan pernah membosankan meski sudah berpuluh-puluh kali dikunjungi.

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh orang Indonesia saat berlibur adalah susah dapat nasi, atau makanan yang tidak cocok dengan lidah kita. Itulah sebabnya menghabiskan liburan di negara tetangga adalah hal favorit bagi masyarakat kita. Tidak itu saja, hobi orang Indonesia dalam berbelanja yang sudah sangat diketahui oleh semua orang – bahkan salah satu toko berlian di Amsterdam sampai menyediakan tenaga sales yang mampu berbahasa Indonesia – membuat banyaknya tempat belanja murah, atau harga barang bermerk yang lebih murah menjadi salah satu unsur utama untuk memilih tempat berlibur. Dan apalagi yang lebih mampu memenuhi semua kriteria itu selain Hong Kong?


Hong Kong yang terbagi dalam empat daerah utama ini, Kowloon, New Territories, Lantau Island, dan Hong Kong Island dapat dicapai hanya dengan lima jam perjalanan menggunakan berbagai pilihan maskapai penerbangan. Untuk itu, berikut kami berikan 20 pilihan aktivitas yang terbagi dalam dua bagian, mainstream dan anti-mainstream yang bisa Anda lakukan.

The Mainstream To Do List

1. See a glimpse of the heritage at GIANT BUDDHA & NGONG PING VILLAGE
Meski bisa dicapai dengan menggunakan bis, akan lebih menyenangkan apabila Anda mengunjungi dua tempat ini menggunakan cable car, dengan wak-tu tempuh selama 25 menit. Demi mendapatkan pengalaman lebih ber-kesan pilih cable car bertipe Crystal Cabin, dengan lantai yang terbuat dari kaca tembus pandang, membuat Anda seakan terbang melayang di udara.
Selanjutnya, kuatkan kaki untuk men-daki 268 anak tangga untuk melihat Giant Buddha secara lebih dekat. Lalu lanjutkan perjalanan dengan menelusuri Ngong Ping Village, yang berada di atas lahan seluas 1.5 hektar di Pulau Lantau. Desa yang kaya akan kebudayaan ini juga memiliki berbagai atraksi wisata menarik seperti Walking with Buddha dan The Monkey’s Tale Theatre.

Harga: HK$ 44 (tiket Standard Cabin cable car untuk anak-anak) – HK$ 188 (tiket pulang pergi Crystal Cabin cable car untuk dewasa); www.np360.com.hk

 

2. ACT LIKE A CHILD AT DISNEYLAND
Tidak pernah ada orang yang merasa bahwa dirinya terlalu tua untuk mengunjungi Disneyland. Terbagi dalam enam bagian yaitu, Grizzly Gulch, Toy Story Land, Fantasyland, Tomorrowland, Adventureland, dan Main Street USA, Hong Kong Disneyland akan membuat Anda merasa bahwa satu hari saja tidak akan cukup untuk mencoba setiap permainan. Itulah sebabnya Hong Kong Disneyland juga dilengkapi dengan dua hotel, Hong Kong Disneyland Hotel dan Disney’s Hollywood Hotel.

 

Harga: HK$ 285 (1-day pass untuk anak) – HK$ 499 (2-day pass untuk dewasa); park.hongkongdisneyland.com.

 

Bagi Anda yang menyukai “siksaan” adrenalin yang kian memuncak, wajib mencoba RC Racer di Toy Story Land yang akan membuat Anda mampu berpacu di atas ketinggian 27 meter; Space Mountain di Tomorrowland, sebuah roller coaster yang membuat Anda seakan terbang di tengah kegelapan; atau Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars di Grizzly Gulch yang akan membuat jantung berdebar kencang di saat Anda duduk di dalam coaster yang berkecepatan tinggi, sambil dikejar-kejar oleh beruang Grizzly.

3. RIDE THE TRAM AT THE PEAK
Meski antrian untuk menaiki tram kuno ini cukup panjang, tapi aktivitas satu ini menjadi salah satu hal yang wajib untuk Anda lakukan ketika sedang berada di Hong Kong. Untuk melihat pemandangan kota Hong Kong yang lebih dramatis, lakukan aktivitas ini di malam hari. Saat menaiki tram, Anda juga akan merasakan keseruan ketika tram bergerak naik dengan derajat kemiringan antara 4 – 27 derajat, di atas rel yang sudah berusia 120 tahun.
Setibanya di atas, Anda bisa menikmati berbagai makanan atau membeli pernak-pernik khas Hong Kong dan melihat pemandangan kota yang menakjubkan dari Sky Terrace 428, yang berada 428 meter di atas permukaan air laut.

Harga: HK$ 11 (tiket Peak tram sekali jalan) – HK$ 65 (tiket Peak tram pulang pergi + Sky Terrace 428); www.thepeak.com.hk

4. Spend a romantic evening at AVENUE OF STARS & see SYMPHONY OF LIGHTS
Dua hal ini adalah hal yang wajib Anda lakukan selagi melakukan kunjungan ke Hong Kong. Awali dengan melihat cap tangan dan cap kaki para selebriti dari daratan China seperti Aaron Kwok, Gong Li, Bruce Lee, Andy Lau, Jet Li, hingga Michelle Yeoh. Ada baiknya jika aktivitas yang satu ini Anda lakukan di sore hari, agar bisa ditutup dengan melihat Symphony of Lights, di mana setiap jam delapan malam 33 bangunan di sepanjang Victoria Harbour akan menyajikan per-tunjukan lampu yang indah.

Info: www.avenueofstars.com.hk & www.tourism.gov.hk/symphony/english

5. Buy a little bit something at LADIES MARKET, Mong Kok
Meski ada banyak tempat berbelanja di Hong Kong, Ladies Market adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Terutama bagi Anda yang mau membeli oleh-oleh dalam jumlah cukup banyak, karena di sini ada banyak pernik khas Hong Kong yang dijual dengan harga murah. Kunci untuk mendapatkan harga murah di sini adalah tak segan untuk menawar. Tawarlah hingga 75% dari harga awal. Jika sang penjual marah, jangan takut dan tinggal pergi saja. Karena ada banyak penjual lain yang mau menerima penawaran dari Anda.

Info: www.ladies-market.hk

6. Take a picture with your favorite celebrity at MADAME TUSSAUDS
Mengingat lokasi Madame Tussauds ini terletak di lokasi sama dengan The Peak, maka lakukan hal ini dalam satu hari yang sama dengan aktivitas naik tram. Di sini, semua orang dapat berfoto dengan para tokoh idolanya. Jackie Chan, Astro Boy, Barbie Hsu, Robert Pattinson, Madame Tussauds, David Beckham, Lady Gaga, Lady Diana, Barack Obama, hingga “anggota” terbaru mereka, Steve Jobs.
Jangan lupa untuk menguji keberanian Anda di area Scream, yang terletak di World Premiere. Di sini Anda akan diajak untuk menelusuri lorong gelap asylum, dikelilingi oleh para psycopaths yang kejam.

 

Harga: HK$ 90 (online price untuk anak) – HK$ 170 (gate price untuk dewasa); www.madametussauds.com/HongKong

 

7. Have fun at OCEAN PARK
Di sini Anda dapat menikmati perpaduan antara permainan yang seru dengan pembelajaran mengenai dunia bawah laut yang menyenangkan. Melihat akuarium raksasa dengan segala isinya; memperhatikan gerak gerik pinguin, anjing laut dan panda yang lucu; mencoba escalator sepanjang 225 meter yang merupakan escalator terpanjang kedua sedunia; naik Ocean Express yang akan membuat kita merasa seakan sedang berada di bawah laut; hingga mencoba berbagai wahana yang mampu memompa adrenalin Anda.
Mengingat Ocean Park tutup pada jam enam sore, maka usahakan untuk tiba di tempat ini di pagi hari, agar Anda dapat puas mencoba semua hal.

Harga: HK$ 140 (anak-anak) – HK$ 280 (dewasa); www.oceanpark.com.hk

8. Sail, sail away with Star Ferry
Ini adalah aktivitas penutup terbaik setelah Anda menyaksikan Symphony of Lights, serta menjadi salah satu transportasi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mencapai Stasiun Central dari area Tsim Sha Tsui. Perjalanan dengan menggunakan Star Ferry ini juga hanya membutuhkan waktu selama tujuh hingga delapan menit.

Harga: HK$ 0.28; www.starferry.com.hk

9. See the perfect view from CLOCK TOWER
Melihat pemandangan kota Hong Kong dari atas ketinggian 44 meter tidak akan pernah membosankan. Apalagi ketika Anda melakukan hal ini di dalam sebuah bangunan yang berdiri sejak tahun 1915, sebagai bagian dari Kowloon – Canton Railway. Bangunan bersejarah yang satu ini juga menjadi kenangan akan harapan para imigran China yang ingin memiliki hidup baru.

Info: www.discoverhongkong.com/eng/see-do/culture-heritage/historical-sites/colonial/clock-tower

10. Have a party at LAN KWAI FONG
Di kota yang tidak pernah me-ngenal kata tidur ini, tak ada salahnya jika Anda mencoba menghabiskan malam dengan cara yang lebih menarik yaitu me-ngunjungi area Lan Kwai Fong. Di sini Anda bisa juga mengunjungi berbagai restoran dan bar paling trendi di Hong Kong.

Info: www.lankwaifong.com

Teks Kay.N  Foto Berbagai Sumber