20 TO DO LIST IN HONG KONG PART2

Tempat berlibur yang satu ini tidak akan pernah membosankan meski sudah berpuluh-puluh kali dikunjungi.

 The Anti-Mainstream To Do List

 

1. Spend the beautiful day at STANLEY MARKET
Meski memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat kota Hong Kong, yaitu sekitar 45 menit dengan menggunakan bis umum, tempat yang satu ini wajib untuk Anda kunjungi. Di pagi hari, Anda bisa bersantai di pantai Stanley. Lalu dilanjutkan dengan berjalan santai menelusuri setiap jalanan kecil, atau berhenti sejenak sambil beristirahat di berbagai taman yang ada di banyak tempat. Setelah makan siang, Anda bisa mengunjungi Stanley Market, yang menjual berbagai produk fashion unik yang tidak dijual di tempat lain.

Info: www.hk-stanley-market.com


2. Buy the branded stuff at CITYGATE OUTLETS
Perempuan mana yang akan bosan dengan aktivitas belanja? Yang pasti, saya tidak. Itulah sebabnya saya memasukkan Citygate Outlets sebagai salah satu tempat belanja yang wajib untuk Anda kunjungi. Jika di Ladies Market dan Stanley Market Anda bisa membeli suvenir atau pernak-pernik berharga murah, maka siapkan budget lebih besar untuk membeli produk branded dengan harga “miring” di Citygate Outlets.
Di sini ada sekitar 80 branded product, yang menawarkan diskon antara 30% - 70%. Dari mulai Bally, DKNY, Diane von Furstenberg, hingga Crocs, Giordano, Esprit, dan Levi’s.

Info: www.citygateoutlets.com.hk

3. Learn in a fun way at MA WAN PARK NOAH’S ARK
Ajak si kecil untuk belajar sembari bersenang-senang. Ada tiga bagian yang bisa Anda telusuri, Noah’s Ark, Solar Tower, dan Nature Garden. Jangan lupa menelusuri Treasure House di Noah’s Ark, di mana ada 15 galeri yang memberi pembelajaran tentang kehidupan, kebudayaan, sains, sejarah, musik dan masih banyak lagi. Atau melihat aktivitas di permukaan matahari melalui teleskop vacuum solar terbesar di Asia Tenggara, di Solar Tower. Dan akhiri dengan berjalan santai di Nature Garden, sambil bermain menggunakan GPS tracker di Ma Wan Tree Blossom app, yang berfungsi untuk mengidentifikasikan lokasi dari lebih 100 spesies pohon yang ada.

 

Harga: HK$ 125 (anak-anak) – HK$ 155 (dewasa); www.noahsark.com.hk

 

4. Love the nature at KADOORIE FARM AND BOTANICAL GARDENS
Manusia yang semakin lama semakin rakus membuat alam menjadi semakin rusak. Itulah sebabnya di tempat ini kita bisa belajar bagaimana cara terbaik untuk menyayangi alam. Terletak di kaki gunung tertinggi di Hong Kong, Tai Mo Shan, Kadoorie Farm and Botanic Garden menempati lahan seluas 148 hektar. Apa saja yang bisa lakukan di sini? Belajar menanam tanaman organik, mempelajari cara membuat kerajinan, hingga menanam pohon.

Info: www.kfbg.org

5. Brave yourself and do a PARAGLIDING
Tidak ada yang lebih memorable dibanding melihat Hong Kong sembari melayang di atas langit. Meski ada banyak lokasi yang tak kalah menariknya, Shek O dan Ma On Shan adalah dua lokasi terfavorit untuk mengawali paragliding ini. Namun tidak seperti di Indonesia di mana Anda tidak memerlukan kualifikasi apa pun untuk melakukan paragliding karena bisa melakukannya secara tandem, maka di Hong Kong Anda perlu melakukan kursus selama delapan kali pertemuan, sebelum diizinkan untuk melakukan paragliding secara solo.

 

Harga : HK$ 3.300 – HK$ 7.200 (pemula); www.paraglide-hk.com

 

6. Enjoy the night at SOHO
Selain berbelanja, menaiki mid level’s escalator yang menghubungkan antara Queen’s Road Central dengan Hollywood Road, Anda juga bisa menikmati makanan di berbagai restoran yang terdapat di sepanjang jalan. SOHO juga merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan “cuci mata”, karena di sini adalah tempat favorit ekspatriat di Hong Kong untuk menghabiskan malam. Apalagi jika di malam tersebut ada pertandingan bola antarnegara Eropa, maka biasanya setiap bar akan menyajikan acara nonton bareng yang seru. Salah satu restoran yang layak untuk Anda coba adalah Enoteca, Elgin Street, yang menyajikan berbagai pilihan small plate (dari mulai potato wedges hingga pesto chicken dan parmesan risotto balls) serta thin crust pizza. 

 

 

7. Hiking at LAMMA ISLAND
Jika Anda sudah mulai bosan dengan keramaian di Hong Kong, cobalah untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Tidak perlu khawatir si kecil akan kelelahan, karena jalur yang satu ini memang dirancang agar bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Awali dengan menaiki ferry dari central ferry pier 4 menuju Yung Shue Wan. Dari jalanan utama di Yung Shue Wan, teruslah berjalan melewati Lamma Winds dan Pantai Hung Shing Yeh, hingga Anda menemukan Family Trail.


Jalur ini akan membuat Anda berjalan menyusuri pantai, dengan pemandangan Lantau Island dan Cheung Chau di kejauhan. Selanjutnya Anda akan kembali melewati pantai berpasir, desa nelayan Lo So Shing, serta Kamikaze Cave. Perjalanan akan berakhir di desa nelayan Sok Kwu Wan, tempat Anda dapat menikmati makan siang di Seafood Street. Lalu kembali ke pusat kota Hong Kong dengan menggunakan ferry.

8. See the ancient Chinese architecture at CHI LIN NUNNERY & NAN LIAN GARDENS
Sebagai salah satu biara yang masih berfungsi untuk tempat berdoa kaum Buddha, maka di Chi Lin Nunnery Anda tidak akan diizinkan untuk mengambil foto. Keindahan bangunan biara ini sendiri membuatnya pantas untuk Anda kunjungi, terutama bagi Anda yang merupakan pemerhati arsitektural kuno China. Sementara Nan Lian Gardens yang memiliki luasan 3.5 hektar sendiri merupakan salah satu taman tercantik di Hong Kong.

Lokasi: 5 Chi Lin Drive, Diamond Hill, Kowloon

9. Back to the past through LIN HEUNG TEA HOUSE
Di sini, waktu seakan berhenti berputar. Meski interior dari tempat yang satu ini terlihat kuno dan kurang terawat, jika Anda ingin mencoba dimsum terbaik di Hong Kong, maka Lin Heung Tea House adalah tempat yang tepat. Sebagai tempat “kuno”, di sini Anda juga akan sulit menemukan pelayan yang bisa berbahasa Inggris, jadi ada baiknya jika Anda mengunjungi tempat ini bersama teman Anda yang fasih berbahasa China. Di Lin Heung Tea House ini Anda juga dapat merasakan makanan Hong Kong yang orisinil, termasuk di antaranya Lotus Paste Buns dan Glutinous Rice Dumplings.


10.  TAI O
Desa nelayan yang satu ini terletak di Lantau Island. Di Tai O ini Anda dapat melihat wajah dari desa nelayan yang asli di Hong Kong. Selain menikmati makanan berbahan baku ikan laut yang segar, Anda juga dapat membeli berbagai jenis makanan laut olahan. Satu hal yang juga menarik, laut lepas dekat Tai O adalah tempat bermukimnya lumba-lumba berwarna pink. Jadi jangan lupa untuk melakukan boat tour untuk dapat melihat mereka secara lebih dekat.

 

Lokasi: 160-164 Wellington Street, Central; 852-2544-4556

 

Teks Kay.N  Foto Berbagai Sumber