MALAYSIA TRULY HOLIDAY PART 3

Rindu makan durian selama Anda berada di Malaysia? Tak perlu nelangsa akrena ada warung durian yang bisa Anda tuju sebelum ke A Famosa Resort. Usai mencicipi durian lezat, A Famosa Resort siap menerima kedatangan Anda yang mencari one stop leisure. Apa saja yang Anda bisa lakukan di sini? Ayo, cari tahu.

A’Famosa Resort
A Real Place to Relax
Ibarat dari Jakarta ke Bogor. Begitupula dari Kuala Lumpur ke lokasi A’Famosa Resort yang terletak di Alor Gajah, Melaka. Serunya, sebelum mencapai A’Famosa Resort, Anda bisa mampir makan durian dulu. Letak “warung”nya di pinggir jalan dan dikelilingi pohon durian. Cukup dengan biaya kira-kira RM 8-12, Anda sudah bisa duduk santai dengan suasana rindang dan menikmati durian yang manis dan lembut. Buat yang tidak suka atau mual mencium baunya, wah sayang sekali Anda hanya bisa mengamati dari jauh.

Dari warung durian tersebut, dibutuhkan  jarak tempuh kendaraan sekitar satu jam lagi menuju A’ Famosa Resort.  A’Famosa Resort yang dikenal sebagai “One Stop Leisure” destination menyediakan berbagai obyek wisata menarik dalam satu area luas yaitu resort hotel, D’Savoy Condotel, Villa D’Amour, D’Faro, D’lagis, Water World, Animal World Safari, dan Cowboy Town. Lokasi ini diresmikan pada tahun 1996 dan memang ditujukan sebagai “paradise” yang tersembunyi dari kesibukan kota besar Kuala Lumpur.

Bahkan jika Anda ingin menyelenggarakan sebuah pernikahan, mulai dari upacara, pesta resepsi, dan bulan madu, A’Famosa Resort  mempunyai beberapa paket dengan harga menarik.

 

 

Melaka
Fun Historical Trip

Sore hari di Melaka. Bagian dari Malaysia yang terletak 148 km sebelah tenggara dari Kuala Lumpur dan 235 km barat daya dari Johor Bahru ini, merupakan kota yang terdaftar di  Unesco pada tahun 2008 sebagai Heritage Site. Perjalanan dari Kuala Lumpur segera terbayarkan begitu sampai ke Melaka. Jika digambarkan dengan salah satu wilayah di Indonesia, Melaka bisa diibaratkan seperti Yogyakarta. Sebuah kota yang teratur, damai, kental budaya, dengan infrastruktur yang rapi. Sehingga para turis pun merasa senang untuk mengenal Melaka lebih dekat.

NIGHT LIVE
Romantis adalah kata yang tepat dalam menggambarkan suasana kota Melaka di malam hari. Jika Anda sampai ke Melaka pada waktu malam hari maka Anda bisa langsung menikmati wisata malam yaitu river cruise selama 45 menit sejauh 9 KM melewati beberapa rumah penduduk dengan mural art, museum hidup, kampung Morten, bar tempat nongkrong para turis, dan bed & breakfast. 

CULINARY
Selesai dari berwisata malam, paling tepat langsung menikmati beberapa makanan atau jajanan malam seperti Sate Celup. Salah satu restoran sederhana favorit adalah Bee Lee Siang yang sudah 26 tahun berjualan Sate Celup dengan harga RM 0.50-0.60. Beberapa sate pilihan seperti sayuran, dim sum, sea food, daging ayam, dimasak dengan langsung direbus ke dalam kuah kacang.Selain murah meriah, rasanya pun sangat enak (lebih enak lagi kalau ada nasi). Antrian para tamu yang panjang tidak berkurang meskipun harus duduk dan makan di samping gas 12 kg. Panas kompor dan panas restoran sederhana itu merupakan kombinasi yang seru.

 

 

TIPS

•    Menikmati river cruise pada malam hari akan terasa lebih sejuk dan pemandangannya lebih menarik dengan lampu-lampu yang indah.
•    Menikmati river cruise pada siang hari, pemandangan lebih jelas terlihat, terutama jejeran mural art di tembok-tembok rumah.
•    Hindari duduk terlalu ke ujung, karena Anda bisa terkena cipratan air.
•    Bawalah syal untuk kenyamanan dan terlindungi dari angin kencang.

Info:
•    River Cruise beroperasi Pk. 09.00 - 23.30.
• Tiket River Cruise untuk turis RM 15.00/orang dewasa dan RM 5.00/orang untuk anak-anak.
•    Boats akan datang setiap 30 menit.
•    River cruise akan melewati Taman Rempah, Kampung Morten, The Pirate Park, Cathay Bridge, Hang Tuah Bridge, Old Market Bridge, Ghost Bridge, Chan Koon Cheng Bridge, Tan Kim Seng Bridge, The Melaka Water Wheel, dan Maritime Museum.

The Majestic Malacca HOTEL
Jika Anda ingin lebih mengenal sejarah dan budaya Malaysia, khususnya di Melaka, menginap-lah di The Majestic Malacca, hotel yang memberikan kilas balik indahnya sejarah di Malaka. 
Anda akan merasakan tidur di dalam kediaman yang nyaman dan bangunan asli yang berasal dari tahun 1920-an. Dengan 45 kamar, suite yang luas, desain modern bercampur dengan sejarah yang otentik, lantai porselen yang masih asli, karya seni yang antik sampai hidangan yang khas, bagaikan pengalaman budaya yang menakjubkan.

Hotel bintang 5 ini terletak di tepi sungai yang dahulunya merupakan tempat perdagangan rempah-rempah dan tempat berlabuhnya kapal-kapal dari seluruh dunia. Lantainya terbuat dari kayu jati, kamar mandi dengan bathtub antik  jaman Victorian dengan pintu layer yang bebas dibuka atau ditutup. The Majestic Malacca hotel memiliki The Mansion Restaurant yang menawarkan suasana santai untuk sarapan maupun makan malam yang memiliki hidangan ala Portugis, Belanda, Inggris serta budaya Baba-Nyonya yang tergabung dalam menu-menu andalan.

Dengan sentuhan yang lebih personal, setiap tamu yang baru tiba akan diantar oleh salah satu wanita staf hotel yang ramah dan berpakaian kebaya gaya Baba-Nyoya. Di dalam kamar, para tamu dijelaskan fasilitas yang ada sambil dijamu minum teh dengan gaya khas budaya Baba-Nyonya.

 

 

CITY TOUR
Pagi hari di Melaka cocok dimulai dengan city tour (Setelah sarapan yang enak, tentunya). Udara yang cerah akan mengantar Anda memulai wisata budaya dan sejarah. Dimulai dari sebuah gereja Christ Church Melaka yang sudah berdiri sejak tahun 1741. Begitu memasuki Gereja akan terasa nuansa tempo dulu, seperti interior aslinya yaitu lantai, kursi, dan mimbar.

Selepas dari Christ Church, “Malacca Dutch Heritage Trail” bisa dilanjutkan masuk ke Kompleks Stadhuys. Tapi sebelum masuk museum, enaknya lihat-lihat barang jualan dulu, banyak suvenir dan oleh-oleh khas Melaka dijual di depan kompleks museum.  Beberapa museum yang bisa Anda kunjungi dalam Kompleks Stadhuys adalah Museum Sejarah & Etnografi, Galeri Laksamana Cheng Ho, Museum Sastra Malaysia, Museum yang Dipertua, dan Museum Pemeritahaan Demokrasi.

Anda pun bisa berjalan-jalan keliling kompleks dengan ditemani oleh semacam becak hias, yang sangat indah saat malam hari. Suasananya sangat asri. Sekalipun matahari terik, Anda akan merasa sejuk.

 

TEXT RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, ARI ANASTASIA CHR | PHOTOGRAPHER ADIT SASTRADIPRADJA, RENNY CHANDRA, WAHAB SANGADJI, DOK. ISTIMEWA | SPECIAL THANKS TO TOURISM MALAYSIA, AIRASIA